Tahun ajaran baru 2018/2019 semakin dekat, bagaimanakah kesiapan kita sebagai orang tua yang memiliki anak dan sudah memasuki usia sekolah ataupun akan lulus sekolah dan melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. Sebagai orang tua, tentu memiliki keinginan memberikan pendidikan yang terbaik bagi putra/putrinya untuk masa depan mereka.

Sudahkah sebagai orang tua memiliki pilihan sekolah yang paling sesuai dan tepat untuk putra-putrinya. Sekolah yang tidak hanya mengejar hal yang bersifat kuantitatif sekedar angka-angka yang dianggap mencerminkan kepandaian siswa yang terkadang justru menyebabkan beban bagi siswa dan mematikan masa keemasan fase pertumbuhan kemampuan anak. Bahwa mendidik anak melalui sekolah saat ini tidak lagi fokus pada aspek kepintaran siswa semata atau IQ, tetapi aspek adab, budi pekerti, spiritual sehingga ada keseimbangan antara IQ dan EQ. Maka ajaran Ki Hajar Dewantoro pendiri Tamansiswa sebagai Bapak Pendidikan Indonesia dalam menerapkan falsafah“Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani” sangat relevan dalam konteks pendidikan saat ini, bahwa metode pendidikan di sekolah harus mampu menuntut siswa untuk mencapai output pendidikan dan mengoptimalkan potensi siswa melalui system pembelajaran yang integrative dan mendorong keaktifan siswa untuk mengoptimalkan potensi yang dimilikinya. Para pengajar di sekolah harus mampu menjadi suri tauladan dengan segenap perilakunya, sekolah senantiasa mendampingi tumbuh kembangnya siswa dan sekolah yang senantiasa mendorong siswa untuk aktif dan mampu mengekspresikan potensi yang dimilikinya.

Era digital dan gadget yang terkadang sebagian orang tua membelikan untuk anak-anak dalam rentang usia masih kecil, menjadikan interaksi anak terhadap rekan sebayanya, konsentarasi belajar di sekolah dan lainnya menjadi lemah, ditambah dengan maraknya game online. Maka maka dibutuhkan pembentukan karakter anak yang kuat, memiliki sifat kemandirian, kreatifitas dan kemampuan memimpin adalah salah satu hasil pendidikan yang diinginkan, untuk meningkatkan peluang anak mendapatkan masa depan yang lebih baik dan mampu bersaing dimasanya.

Ada 3 (tiga) aspek yang utama dalam pendidikan :
1. Pencapaian akademis atau aspek kuantitatif kemampuan bersaing siswa, untuk mencapai jenjang pendidikan yang tinggi.
2. Pembentukan karakter siswa yang mampu membekalinya dengan kemampuan beradaptasi diberbagai situasi, interaksi sosial yang kuat, dan memiliki semangat kebersamaan sebagai mahluk sosial. Finlandia dan Jerman adalah contoh Negara yang berhasil membangun pendidikan, utamanya pembentukan karakter siswa yang kuat.
3. Kemampuan komunikasi melalui keberanian untuk menyampaikan pendapat, berinteraksi dalam kelompok serta menguasai bahasa asing.

Pentingnya bahasa ini dapat dibaca dari pernyataan Menteri Luar Negeri Australia saat itu yang mengatakan, pentingnya setiap siswa Australia memelajari satu bahasa asing merupakan ide besar yang muncul dalam KTT 2020. Alasannya keterampilan berbahasa merupakan hal yang sangat penting bagi kemampuan Australia bergaul secara efektif dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Jika siswa Negara asing mempelajari bahasa kita, maka sudah seharusnya siswa di Indonesia menguasai bahasa asing sama baiknya dengan mereka.

Sesuai dengan amanat konstitusi, Pemerintah Republik Indonesia telah menganggarkan 20% APBN untuk pendidikan. Ini semakin menunjukkan bahwa pendidikan sekolah dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Kementerian Agama RI menjadi investasi bagi pengembangan SDM untuk daya saing Indonesia.

Institusi Khazanah Ilmu menjawab kebutuhan orang tua untuk pendidikan berkualitas dan mampu membentuk karakter dan kepribadian serta akhlak yang baik, serta kemampuan komunikasi siswa yang baik. Tidak hanya kurikulum dengan bahasa komunikasi Indonesia, Inggris dan Arab, tetapi Institusi Khazanah Ilmu tidak menempatkan ketiga bahasa tersebut, khususnya bahasa asing : Inggris dan Arab sekedar pelajaran di kelas, tetapi aspek pembiasaan dan komunikasi keseharian yang ditunjang berbagai kegiatan pendukung menjadikan siswa Khazanah Ilmu memiliki kemampuan dan penguasaan Belajar Bahasa Inggris dan bahasa arab yang baik.

Pada tingkat pendidikan TK, siswa Khazanah Ilmu didorong untuk menikmati dan menerapkan konteks bahasa Inggris dan Arab dalam kehidupan yang menyenangkan. Maka tidak heran, siswa TK Khazanah Ilmu setiap pagi dengan riang gembira akan mengucapkan Pancasila dalam 3 bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab), memiliki yel…yel…dalam bahasa tersebut. Pembiasaan tiap hari dalam suasana riang sesuai usia anak menjadikan siswa TK Khazanah Ilmu menikmati dan berkembang setiap waktu.

Jika di tingkat pendidikan TK, apa yang dilakukan seperti uraian ditas, maka di tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD), maka metode pendidikan Khazanah Ilmu tentu akan lebih dari yang dibayangkan setiap orang tua. Maka tidak mengherankan jika siwa/i SD Khazanah Ilmu senantiasa mengukir prestasi di tingkat Kabupaten Sidoarjo , bahkan provinsi Jawa Timur .

Mari lebih mengenal pendidikan di Khazanah Ilmu

Mengapa Memilih Sekolah Khazanah Ilmu?
Berikut ini adalah mengapa memilih Sekolah Khazanah Ilmu :
1. Khazanah Ilmu telah “Terakrediasi A”
2. Memadukan pendidikan IPTEK dan IMTAQ secara integrative
3. Memiliki keunggulan dalam integrasi dan kemampuan berkomunikasi siswa untuk 3 (tiga) bahasa yaitu : Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
4. Untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) memadukan kurikulum Kemendiknas dan Kemenag (Madin), serta kurikulum khas Khazanah Ilmu
5. Memiliki fasilitas pendidikan yang memadai, lingkungan sekolah yang luas dan asri, semua kelas telah dilengkapi AC, laboratorium TIK, perpustakaan, sarana pendidikan ekstrakulikuler dan berbagai fasilitas lainnya
6. Mendorong siswa/i untuk memiliki keberanian tampil dimuka umum, dengan mengikutsertakan diberbagai ajang perlombaan tingkat daerah, regional sampai nasional.
7. Mencetak siswa/i berprestasi dibidang akademis maupun non akademis
8. Mendidik siswa/i menerapkan ajaran Islam secara baik, antara lain sholat berjamaah, sholat sunnah, membaca Al Qur’an dan lainnya.
9. Biaya pendidikan yang terjangkau
10. Sistem manajemen pendidikan yang menggunakan sistim digital, dilengkapi dengan Mobile APPS Khazanah Ilmu, sehingga perkembangan pendidikan siswa dapat dipantau melalui smartphone yang dimiliki oleh orang tua.

Jika ingi mengetahui lebih mendalam Sekolah Khazanah Ilmu, silahkan untuk dibaca Profil Khzanah Ilmu sebagai berikut :

Visi sekolah :
“Terciptanya generasi muslim yang unggul, terampil, kreatif dan memiliki daya saing yang tinggi dalam menggapai masa depan”.

Misi sekolah :
1. Menyelengggarakan pendidikan dengan mengintegrasikan nilai-nilai agama Islam dan Saintek ( Sains dan Teknologi)
2. Menyelenggarakan Pembelajaran dengan konsep joyful learning dengan pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dan berpusat pada anak (Student Center Learning)
3. Menumbuh-kembangkan potensi siswa pada setiap pembelajaran secara seimbang yang meliputi aspek : Intelektual, Emosional, dan Spiritual.
4. Membina akhlak mulia dengan pemantapan aspek bahasa Inggris dan Arab.

Pendiri Sekolah
Khazanah Ilmu didirikan oleh Prof. Dr. H. Imam Bawani, MA, beliau adalah Guru Besar di UIN Sunan Ampel Surabaya sejak tahun 2000. Selain mengabdi di UIN Sunan Ampel , beliau pernah ditugaskan di Universitas Syah Kuala Aceh ( Unsyiah – Universitas Syiah Kuala) , serta merintis maupun membesarkan Pendidikan Pasca Sarjana di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Qomaruddin Gresik, STAIN Darul Ulum Jombang dan masih banyak lagi. Beliau juga memberikan pengabdian di berbagai program di LIPI maupun KemenRisTek-Dikti. Saat ini beliau juga menjadi penguji pada program doktor (S3) di Universitas Airlangga ( UNAIR Surabaya) untuk konsentrasi pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM).

Mendirikan sekolah Khazanah Ilmu adalah salah satu cita-cita beliau untuk terus memberikan pengabdian dengan mencetak generasi masa depan yang mampu memadukan antara IPTEK dan IMTAQ. Bahwa siswa harus kuat dibidang IPTEK sebagaimana karya Prof. Dr. BJ Habibie, namun juga menguasai Ilmu Agama agar dapat melaksanakan ajaran Islam dengan baik dan mampu mendakwahkannya ke masyarakat luas. Untuk itu pada jenjang pendidikan TK dan SD siswa Khazanah Ilmu sudah dibiasakan dengan 3 (tiga) bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Menguasai bahasa ibaratnya sudah setengah jalan untuk menguasai peradaban dunia. Kelak saat Khazanah Ilmu membuka sekolah untuk jenjang SMP, penguasaan bahasa Mandarin akan menjadi salah satu kemampuan bahasa yang akan diajarkan untuk siswa Khazanah Ilmu.

Program Unggulan :
1. Program Tahfidz Al-Qur’an.
2. Pengembangan Al-Qur’an dengan metode Tilawati.
3. Membiasakan membaca Alqura’an setiap hari dengan baik dan benar
4. Hafalan surat pendek, hadist dan do’a sehari – hari
5. Program Layanan Psikologis Anak Terpadu.

Kegiatan setiap hari dalam rangka mendidik karakter dan sikap melalui pembiasaan :
1. Greeting/3S (Salam Senyum Sapa)
2. Tartil Al-Qur’an
3. Shalat Dhuha
4. Tahfizh Al-Qur’an
5. Muhadatsah/Convertation
6. Shalat Zhuhur berjama’ah
7. Shalat Ashar berjama’ah
8. Berdoa bersama
9. Sedekah

Kegiatan Mingguan :
1. Upacara Bendera
2. Pramuka Ekstrakurikuler
(Pramuka, Patrol, Pencat Silat, Bina Vocalia, English Club, Tahfidz Club, Science Club, Mathematics Club, Drama, Public Speaking)
3. Remedial Teaching dan Remedial Tes (bagi siswa yang memerlukan)
4. Enrichment (Bagi siswa yang dipersiapkan untuk lomba dan bagi siswa kelas VI menghadapi Ujian Nasional)

Kegiatan Semesteran/Tahunan :
1. Masa Orientasi Siswa
2. Visiting Kelas
3. Amaliyah Ramadhan
4. Buka Puasa Bersama
5. Pesantren Kilat
6. Kurban
7. Manasik Haji
8. Gebyar Muharam dan Bulan Bahasa
9. Lomba Mading
10. Lomba Kebersihan Kelas
11. Peringatan Hari Besar Islam
12. Bussines Day
13. Parenting
14. Training Motivasi
15. Outdoor Learning
16. Renang
17. Khatmul Qur’an
18. Wisuda

Kurikulum
Kurikulum pendidikan di SD Khazanah Ilmu mengintegrasikan antara kurikulum Diknas (Kurikulum 2013 (K-13), Kemenag (MADIN Khusus SD) dan Kurikulum khas IKI (Institusi Khazanah Ilmu) berupa penanaman karakter Islami, Leadership/Kepemimpinan, dan penguasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Pembelajaran dilaksanakan baik Indoor ataupun outdoor learning dengan pendekatan tematik integratif dan menekankan pada pembelajaran saintifik. Dengan 5 hari belajar plus Hari Sabtu untuk kegiatan ekstrakulikuler.
Dalam upaya pengembangan kemampuan berbahasa Inggris SD Khazanah Ilmu bekerjasama dengan AIESEC mendatangkan Native Speaker dari Eropa, sedangkan untuk Bahasa Arab mendatangkan Native Speaker dari Timur Tengah.

Pembelajaran Indoor dan Outdoor
Sekolah di Khazanah Ilmu maka akan diberikan pembelajaran di dalam kelas (indoor) dan diluar kelas (outdoor). Selain dalam konteks implementasi apa yang dipelajari di dalam kelas, maka pembelajaran di luar kelas akan memperkuat rasa empati, kebersamaan dan pengalaman yang akan mendorong tumbuhnya keinginan untuk meraih apa yang menarik yang dilihat/diamati. Aspek kehidupan sehari-hari juga menjadi materi di pelajaran outdoors seperti berkebun, mempelajari tanaman hidroponik, pengalaman di bidang peternakan dengan memerah susu secara langsung, bercocok tanam di sawah dan lainnya.

Pengajar dari Luar Negeri
Untuk meningkatkan kemampuan siswa SD Khazanah Ilmu dalam penguasaan bahasa Inggris, serta meningkatkan kepercayaan diri siswa, melatih kemampuan komunikasi, secara rutin Khazanah Ilmu mendatangkan pengajar dari luar negeri bekerjasama dengan lembaga internasional AIESEC untuk mendatangkan guru dari Jerman.
Prestasi-prestasi yang diraih oleh SD Khazanah Ilmu, diantaranya:
1. Juara 3 Olimpiade MIPA tingkat Provinsi
2. Juara 3 Olimpiade IPA Se-Kecamatan Taman
3. Juara 3 Lomba Pildacil Se-Jawa Timur
4. Juara 1 Lomba Pildacil Se-Kecamatan Suko dan Taman
5. Juara 3 Fashion Show Nasional FAI GotTalent UMSIDA Sidoarjo
6. Juara 1 Model Berbakat Nasional
7. Juara 1 dan Juara 2 Silat Se-Kecamatan Taman
8. Juara Harapan 1 Lomba Pildacil FAI UMSIDA Sidoarjo
9. Juara 3 Lomba 3M (Membaca, Menulis, Menghitung) Kelas II Se-Kecamatan Taman
10. Juara 2 Lomba Adzan Elementary Category Open House Al-Chusnaini Foundation
11. Finalis Olimpiade PAI tingkat Nasional
12. SD Khazanah Ilmu selalu berpartisipasi dalam ajang kompetisi perlombaan baik tingkat Lokal dan Nasional
13. Juara 1 Lomba 3 M(Membaca, Menulis, dan Menghitung) Se-Kecamatan Taman
14. Juara Harapan 1 Lomba 3M (Membaca, Menulis, dan Menghitung) Se-Kabupaten Sidoarjo

Bagaimana Mendaftar di Sekolah Khazanah Ilmu
1. Biaya pengambilan formulir Rp 200.000 yang akan mendapatkan pula kenang-kenangan payung cantik Khazanah Ilmu
2. Biaya pendaftaran murid baru Rp 4.000.000, yang dipergunakan untuk :
 Uang Gedung Rp 1.500.000,-
 Seragam sekolah tiga setel Rp 650.000,- (pramuka, biru dan olah raga lengkap dengan kerudung, topi, dasi atribut dan sabuk). Untuk seragam merah hati, siswa beli sendiri (tersedia di koperasi)
 SPP bulan Juli 2018
 Buku paket lengkap semester I materi Diknas maupun Madrasah Diniyah (MADIN) dan handout Rp 800.000,- beserta tas
 Kegiatan 1 Semester (Foto, Ulangan Tema, UTS, UAS Diknas & MADIN, iuran K3-S, gugus/KKG, Raport, Kegiatan PHBI, BHBN, Tes Psikologi, renang, ekstra kurikuler, lomba-lomba, dll) Rp 780.000,-
 Uang Buku dan LKS selama setahun

Pembayaran biaya pendaftaran dilaksanakan sebagai berikut :
 50% dibayarkan saat calon siswa lulus tes dan menyerahkan kelengkapan administrasi seperti foto copy Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran masing-masing 2 rangkap yaitu 2 minggu sejak dinyatakan diterima.
 50% dibayarkan paling lambat hari Senin, 16 Juli 2018.

Untuk menjaga kualitas pendidikan agar sejalan dengan kemampuan siswa, maka setiap siswa yang mendaftar akan dilakukan “tes kemampuan” agar memperoleh siswa yang memenuhi standar pendidikan Khazanah Ilmu sekaligus sebagai pemetaan potensi siswa untuk mengembangkan materi pengajaran agar setiap siswa yang menyelesaikan pendidikan di Khazanah Ilmu sesuai standar yang telah ditetapkan dan mampu bersaing dengan lulusan sekolah lainnya.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi sekretariat PPDB PG – TK – SD Khazanah Ilmu
Jl. Ubi II No. 23 Wage – Taman – Sidoarjo
Telp (031) 8553790, 081615065375, 081553277916